Selasa, 11 Desember 2012

SEJARAH KOMPUTER

Definisi tentang pengertian komputer telah mengalami beberapa kali perubahan mengikuti perkembangan komputer itu sendiri. misalnya dahulu kata komputer diartikan sesuai asal katanya adalah compute atau to compute yang artinya menghitung, jadi sejak dahulu istilah komputer telah dipergunakan meski hanya sebatas untuk keperluan perhitungan aritmatika seperti abakus, slide rule, kalkulator mekanik dan lain-lain yang sifatnya mempermudah pekerjaan dalam menghitung dan mengotomatisasi pekerjaan yang berulang.

Pengertian komputer menurut para ahli

Ada beberapa terminologi dalam mendefinisikan pengertian komputer , meskipun para ahli dan peneliti sedikit berbeda dalam memberi definisi komputer namun secara arti dan makna tidak berbeda
  • Hamacher dalam buku Computer Organization : komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi melalui input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
  • Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual : komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas, antara lain adalah menerima input, memproses input dengan menggunakan program tertentu, menyimpan instruksi instruksi dan hasil dari pengolahan serta
    menyediakan output berupa informasi
  • Fuori : komputer adalah suatu Alat pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
  • Donald H. Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik utk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program).

Definisi Komputer menurut wikipedia & oxford dictionary

  • Definisi komputer menurut wikipedia : pengertian komputer adalah mesin yang dapat diprogram untuk menerima input, menyimpan dan memanipulasi data, dan menyediakan output dalam format yang berguna. (computer is a programmable machine that receives input, stores and manipulates data, and provides output in a useful format)
  • Definisi komputer Oxford Dictionary : pengertian komputer adalah perangkat elektronik untuk menyimpan dan menganalisis informasi dimasukkan ke dalamnya, untuk menghitung, atau untuk mengendalikan mesin otomatis. ( an electronic device for storing and analyzing information fed into it, for calculating, or for controlling machinery automatically)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar